Tuesday, January 2, 2018

Resep Cara Membuat Opor Ayam Kental Sederhana

https://resepmasakankitaindo.blogspot.com/2018/01/resep-cara-membuat-opor-ayam-kental.html
Siapa sih yang nggak suka opor ayam? hampir semua orang menyukai masakan yang satu ini. Opor ayam menjadi masakan favorit terutama pada saat hari raya idul fitri, banyak orang yang membuat opor ayam lalu disajikan bersama lontong atau ketupat. Ada juga yang memadukan opor ayam dengan sambal goreng ati.
Opor ayam lebih nikmat dimakan ketika dalam kondisi hangat, karena kalau dingin kuah santan bisa menggumpal. Apabila terlanjur dingin dan kuah santan sudah ada yang menggumpal, bisa dihangatkan kembali hingga gumpalan santan kembali mencair.
Sebelum kita membuat opor ayam, kita harus lebih tahu terlebih dahulu jenis ayam, karena kualitas opor ayam tergantung pada kualitas daging ayam dan rasa kuahnya. Jenis ayam pada umumnya ada dua macam yaitu ayam kampung dan ayam negeri. Memang selera orang beda beda, ada yang lebih suka ayam kampung, ada juga yang lebih suka ayam negeri. Tergantung Anda lebih suka ayam kampung atau ayam negeri. Namun yang terpenting adalah gunakan ayam yang belum tua, karena jika menggunakan ayam yang sudah tua, dagingnya terasa lebih alot, sehingga mengurangi kenyamanan saat mengunyah.
Sedangkan kuah opor ayam ada yang kuahnya putih ada yang kuahnya kuning, ada yang kuah opor ayam kental, ada juga yang kuahnya cair. Apabila Anda menginginkan kuah opor kuning, caranya tinggal menambahkan kunyit pada bumbu halus. Dan untuk kuah opor ayam kental caranya diberi santan, jika ingin cair maka santannya sedikit saja.
Nah kali ini kita akan bersama-sama mempraktekkan cara membuat opor ayam kuah putih kental, sehingga pada saat lebaran kita bisa menyajikan opor ayam spesial untuk keluarga tercinta. Apa saja bahan-bahannya dan bagaimana cara membuat opor ayam? Mari kita simak yang berikut ini.

Resep Cara Membuat Opor Ayam Kental Sederhana


Bahan-bahan opor ayam:
  • 1 ekor daging ayam (ayam kampung lebih enak), bersihkan, lalu potong-potong sesuai selera
  • 500 ml santan
  • 1 batang serai, memarkan
  • 2 lembar daun jeruk nipis
  • 2 lembar daun salam
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • 3 sendok makan minyak goreng, untuk menumis
  • Air bersih secukupnya

Bumbu halus:
  • 3 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 1 cm kunyit
  • 1 cm jahe
  • 1 cm kencur
  • 1 sendok teh merica
  • 1 sendok teh ketumbar

Cara membuat opor ayam:
  1. Haluskan bumbu halus menggunakan cobek atau blender
  2. Rebus ayam hingga empuk
  3. Panaskan minyak pada wajan, tumis bumbu halus dengan serai, lengkuas, dan salam, daun jeruk hingga layu dan berbau harum
  4. Masukkan daging ayam yang sudah direbus, lalu tambahkan sedikit air, panaskan
  5. Masukkan santan, aduk perlahan jangan sampai santan pecah
  6. Masak hingga bumbu meresap dan kuah menyusut
  7. Pindahkan ke panci saji, lalu taburkan bawang goreng
Seperti itulah langkah langkah membuat opor ayam. Anda bisa menikmati opor ayam dengan nasi atau lontong sesuai dengan selera Anda.
Selamat mencoba ya, dan semoga hasil opor ayamnya memuaskan.
Jangan lupa simak juga artikel resep resep yang lainnya.
resep membuat opor, resep membuat opor ayam, resep membuat opor ayam enak, resep membuat opor ayam enak dan gurih, resep membuat opor ayam lebaran, resep membuat opor ayam bumbu kuning, resep membuat opor ayam ketupat, resep membuat opor telur, resep membuat opor ayam lezat, resep membuat opor ayam telur, resep membuat opor ayam yang enak, resep membuat opor ayam putih, resep membuat opor ayam sederhana, resep membuat opor tahu, resep membuat opor ayam kering, resep membuat opor ayam spesial, resep membuat opor daging sapi, resep membuat opor terong, resep membuat opor ayam betawi, resep membuat opor sapi, resep membuat opor ayam tanpa santan, resep membuat opor ayam gurih, resep membuat opor ayam bumbu putih, resep membuat opor ayam pedas, resep membuat opor ayam yg enak, resep membuat opor ayam paling enak, resep membuat opor bebek, resep membuat bumbu opor ayam, resep membuat bumbu opor, resep buat opor bebek, resep cara membuat bumbu opor ayam, resep cara membuat opor ayam bumbu kuning, resep dan cara membuat opor ayam betawi, resep dan bahan membuat opor ayam, resep membuat opor ayam bumbu merah, resep cara membuat opor bebek, resep membuat opor ayam dalam bahasa inggris, resep cara membuat bumbu opor, resep dan cara membuat opor bebek, resep dan bahan membuat opor, resep membuat opor ceker, resep cara membuat opor ayam, resep cara membuat opor ayam pedas, resep cara membuat opor ayam kuning, resep cara membuat opor ayam enak, resep cara membuat opor, resep cara membuat opor ayam spesial, resep cara membuat opor daging sapi, resep cara membuat opor ayam paling enak, resep cara membuat opor entok, resep cara membuat opor ayam yg enak, resep cara membuat opor tahu, resep dan cara membuat opor daging, resep dan cara membuat opor ayam enak, resep dan cara membuat opor ayam spesial, resep dan cara membuat opor ayam sederhana, resep dan cara membuat opor, resep dan cara membuat opor telur, resep membuat opor daging, resep membuat opor daun singkong, resep membuat opor telur dan tahu, resep dan cara membuat opor ayam, resep dan cara membuat opor ayam putih, resep dn cara membuat opor ayam, resep buat opor daun singkong, resep dan cara membuat opor ayam kuning, resep membuat opor enak, resep membuat opor entok, resep membuat opor yang enak, resep buat opor ayam enak, resep buat opor yang enak, resep cara membuat opor ayam yang enak, resep dan cara membuat opor ayam yg enak, resep opor buat gudeg,

0 comments:

Post a Comment